Beranda Berita Dua Kades yang Terjerat Hukum, Segera di PLH

Dua Kades yang Terjerat Hukum, Segera di PLH

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Belum lama ini terdapat dua oknum Kades ditangkap oleh Polisi karena terliba kasus hukum perampokan dan pembunuhan. Maka untuk menyikapi akan hal tersebut Pemerintah Daerah OKU Timur tentu sangat menyesali kejadian tersebut. Dalam hal ini untuk melanjutkan roda pemerintahan di Desa, akan segera ditunjuk Pelaksana Harian (PLH) yang akan diambil dari Sekertaris Desa. 

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Kepala Dinas PMD H Rusman SE MM, dengan adanya kepala desa yang tersandung hukum ini, pemerintah daerah sangat menyesalkan kejadian tersebut. Selanjutnya untuk melanjutkan roda pemerintahan di desa, akan di tunjuk PLH kepala desa yang akan dijabat oleh Sekertaris Desa. 

“Jadi karena kepala desanya tersandung masalah hukum dan harus menjalami pemeriksaan oleh pihak kepolisian, maka kita meminta kepada Sekertaris desa untuk mengantikan tugas kepala desa, baik dalam pelayanan dan pembangunan di desa,” katanya.

Lanjut kata dia, kepala desa yang tersandung kasus belum bisa secara langsung di berhentikan, harus menunggu putusan dari pengadilan. Baru pemerintah daerah memberikan surat pemberhentian kepala desa tersebut. 

“Jadi sesuai dengan peraturan pemerintah, harus menunggu putusan dari lengadilan, baru pemerintah daerah memberikan surat pemberhentian sebagai kepala desa,” jelasnya. 

Sementara itu, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK mengatakan, memang benar saat ini ada dua oknum kepala desa yang tersandung masalah hukum. Tentu hal ini sangat disayangkan, karena sejatinya seorang pemimpin harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. 

“Maka kedepan pencalonan kepala desa kalau bisa harus lebih ketat lagi dalam melakukan seleksi, agar menghasilkan pemimpin yang mampu membuat rasa aman bagi masyarakat,” kata Kapolres. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pihaknya saat ini juga terus melakukan pengawasan kepada beberapa kepala desa di wilayah Kecamatan Semendawai Timur. Pengawasan ini berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Jadi kepala desa harus bisa menjaga situasi kamtibmas di desanya, jangan malah membuat kegaduhan dan menimbulkan rasa tidak aman bagi masyarakat,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.