Beranda Berita Penyuluhan Hukum Melalui Jaksa Masuk Birokrasi

Penyuluhan Hukum Melalui Jaksa Masuk Birokrasi

BAGIKAN


KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri OKU Timur dalam hal pemahaman tentang hukum. Kerjasama tersebut terjalin melalui program jaksa masuk birokrasi penyelenggara negera.

Dimana Kajari OKU Timur memberikan pemahaman tentang hukum kepada setiap penyelengara negara yang memiliki jabatan yang berada di instasi pemerintahan. Kegiatan ini digelar di aula Bina Praja I Setda OKU Timur, Rabu (19/2/2020).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya, memerintahkan kepada seluruh kepala OPD untuk menghadiri kegiatan jaksa masuk birokrasi ini. Karena ini sangat penting, kalaupun kepala OPD tidak bisa hadir, bisa diwakili oleh sekdin. Selain itu, Bupati juga meminta bantuan kepada Kajari OKU Timur untuk mengingatkan jika setiap OPD ada yang melakukan kesalahan terlalu jauh agar memberikan rambu-rambu. 

“Karena kalau mau sempurna sulit rasanya, namun disini juha OPD harus melkukan Mou dengan kejaksaan,” katanya. 

Bupati OKU Timur juga menghimbau kepada Dinas PMD untuk memerintahkan kepala desa untuk ikut serta melakukan Mou  dengan kejaksaan negeri OKU Timur. “Mohon diingatkan kami jika dalam melakukan pekerjaan ada kesalahan, agar kesalahan  tidak terlalu jauh. Suapaya ada rambu-rambu yang membatasi kita salam melakukan pekerjaan,” ujarnya. 

Sementara itu, Kajari OKU Timur Alwie SH dalam sambutanya mengatakan, setelah pada tahun lalu pihaknya melakukan program jaksa masuk sekolah maka pada tahun 2020 ini Kejari OKU Timur melakukan program jaksa masuk Birokrasi Penyelenggara Negera. Kemudian nanti juga terdapat program jaksa akan masuk di desa atau jaksa jaga desa.

“Jadi semua kegiatan yang kita lakukan semuanya itu merupakan upaya melakukan pencegahan, agar di tiap instasi pemerintah baik daerah maupun desa agar tidak tersandung permasalahan hukum,” jelasnya. 

Kajari OKU Timur mengharapkan kepada setiap penyelengara negara paham tentang apa yang sudah disampaikan tentang penjelasan hukum. Dengan tujuan agar setiap penyelengara dapay menjalakan tugas dan tangung jawabnya dan tidak melakukan tindakan melangar hukum atau melakukan korupsi. 

“Kita sangat berharap kepada pejabat yang memiliki jabatan di instasi pemerintahan, agar tidak menyalahkan gunakan kewenangan sebagai seorang pimpinan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.