Beranda Berita Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, ULaMM Berikan Pelatihan

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, ULaMM Berikan Pelatihan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Cabang Belitang menggelar Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU)  klasterisasi usaha ikan air tawar ULaMM Belitang. Dengan tema pengembangan budidaya ikan dengan cara yang baik dan bagaimana memitigasi resiko kematian pada ikan, Rabu (19/2/2020).

Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan ULaMM Cabang Palembang M Komar, perwakilan Camat Belitang dan Belitang Madang Raya Lukman Hakim dan Kepala Desa Gumawang. 

Kepala Kantor ULaMM Belitang Aris Munandar mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan semangat para nasabah untuk mengembangkan jenis usahanya. 

“Jadi nasabah ULaMM yang memiliki usaha budidaya ikan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dari mulai rencana awal budidaya hingga pemasaran,” katanya. 

Selain itu, lanjut kata dia, tujuan PKU adalah momen temu nasabah dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi antara sesama nasabah dan karyawan ULaMM Belitang, dengan tujuan saling sharing agar para nasabah bisa saling berinteraksi antara nasabah ULaMM.

“Jadi nasabah dan karyawan ULaMM bisa saling sharing mengenai perkembangan ekonomi, peluang usaha baru dan beberapa solusi dalam pemasaran pada usaha budidaya ikan,” imbuhnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa ULaMM adalah penyedia pinjaman perorangan dengan agunan. PKU adalah acara rutin yang dilakukan oleh PNM ULaMM Belitang agar lebih erat dengan nasabah.

“Alhamdulilla saat ini kita dipercaya tahun ini untuk menyelenggarakan program PKU ini, sebagai upaya jalinan silaturahmi dalam rangka meningkatkan jenjang perekonomian nasabah agar dapat Iebih maju kedepan terutama di bidang usaha perikanan,”jelasnya.

Sementara itu, Agus salah satu peserta pelatihan budidaya ikan air tawar ini mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada ULaMM karena telah memberikan pelatihan ini. Jadi diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petani ikan air tawar. 

“Jadi kita berharap apa yang menjadi kendala pada petani ikan bisa diatasi melalui kegiatan ini. Salah satunya dari tingkat kematian ikan dan masalah pemasaran ikan,” paparnya. 

Sementara M Komar pimpinan PNM ULaMM Cabang Palembang dalam sambutanya mengatakan, tentu dengan diadakanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petani ikan, jadi apa yang menjadi kendala nanti bisa di selesaikan di sini.  Dari mulai pembibitan dan masalah pemasaran. 

“Jadi kalau ada kendala pada pemasaran, patani bisa mengolah ikan menjadi abon, seperti halnya abon ikan lele atau ikan patin. Sehingga bisa menghasilkan tambahan hasil bagi petani ikan,” pungkasnya.

Jadi selain memberikan pembiayaan pihaknya juga melakukan pembinaan kepada pelaku usaha. Jadi bagi siapa saja masyarakat yang memiliki usaha bisa mengajukan pinjaman kepada pihak ULaMM. 

“Namun dengan syarat masyarakat harus memiliki usaha, dan pembiayaan yang bisa kita berikan mulai dari Rp25 juta sampai Rp200 juta,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.