Beranda Berita Dukung Penurunan Angka Kemiskinan, Berikut Ini Program Prioritas Kecamatan BP Bangsa Raja

Dukung Penurunan Angka Kemiskinan, Berikut Ini Program Prioritas Kecamatan BP Bangsa Raja

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati dalam penurunan angka kemiskinan, Kecamatan BP Bangsa Raja merancang beberapa program. Serta terdapat program prioritas yakni pembangunan jembatan penghubung desa yang rusak. Jembatan tersebut berada di Dusun VI Cuping Sari, Desa Anyar. Jembatan ini merupakan akses jalan alternatif tercepat dari Desa Anyar, Kecamatan BP Bangsa Raja dan desa sekitarnya untuk menuju Belitang BK 9 dan BK 10.

Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP mengatakan, jembatan tersebut merupakan akses lalu lintas untuk beraktifitas keseharian masyarakat Desa tersebut baik roda dua maupun roda empat. Serta aktifitas pertanian atau perkebunan juga menggunakan jembatan ini sangat terganggu.

“Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat jembatan dihubungkan dengan susunan kayu yang rentan patah dan terbawa arus. Ketika naiknya muka air sungai jika intensitas hujan sangat tinggi diwilayah ini,” katanya saat paparan Musrenbang dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan yang dipusatkan di Kantor Camat BP Peliung, Senin (24/02/2020).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kerusakan di jembatan penghubung Desa di Dusun Cuping Sari yaitu kerusakan pada bangunan bawah (Abutmen) yang fungsinya memikul beban-beban pada bangunan atas. Serta pada bangunan bawahnya sendiri untuk disalurkan ke pondasi, kemudian dari pondasi disalurkan ke tanah.

“Kegagalan bangunan bawah (pilar atau abutmen) terjadi apabila keruntuhan atau amblasnya bangunan bawah tersebut dan atau terjadi keretakan struktural yang berpengaruh terhadap fungsi struktur bangunan atas,” ujarnya.

Selain program pembangunan Insfrastruktur pihaknya juga merancang program lain yakni di bidang pertanian dan perkebunan. Dibidang pertanian pihaknya akan melakukan pengembangan  potensi pertanian dengan mengoptimalkan lahan rawa serta menumbuhkan Kelembagaan Ekonomi Petani.

“Potensi luas lahan pertanian di Kecamatan BP Bangsa Raja seluas 7. 484 ha, persentasenya 70 persen lahan sudah dikelola dan 30 persen belum dikelola secara maksimal. Dan terdapat 712,5 ha lahan rawa yang belum dikelola, 600 ha lahan kering yang belum dikelola secara maksimal, jumlah ini perlu sekali dilakukan pengembangan pengoptimalan lahan baik lahan rawa maupun kering, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Seraya mengatakan, Kecamatan BP Bangsa Raja memiliki potensi sumber daya alam untuk dikembangkan pada bidang pertanian maupun di bidang budidaya ikan, dimana Kecamatan ini dilintasi oleh air sungai Komering sepanjang tahun, dan dilintasi sejumlah irigasi sekunder untuk menopang sawah Irigasi teknis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.