Beranda Berita Gubernur Apresiasi Inovasi Estrus Inseminasi Buatan yang Dilakukan Pemkab OKU Timur

Gubernur Apresiasi Inovasi Estrus Inseminasi Buatan yang Dilakukan Pemkab OKU Timur

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengakui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur saat ini sudah jauh mengalami kemajuan dari Kabupaten/kota lainnya di Sumsel. Hal ini disampaikan saat sambutan pada acara sinkronisasi Estrus Inseminasi Buatan Pecahkan Rekor Muri serta Pelaksanaan Gema Musi Elok Kabupaten OKU Timur desa Sukaraja Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur, Kamis (27/2/2020).

“Saat ini OKU Timur tidak lagi mengejar kesetaraan dengan daerah lain. Malah OKU Timur jauh lebih maju dengan terobosan inovatif yang dilakukan pak Kholid,” katanya.

Dikatakan Herman Deru, terobosan Pemkab OKU Timur dalam melakukan estrus inseminasi buatan patut dicontoh bagi daerah lainnya. Apalagi OKU Timur pada era tahun 80-an menjadi sentra daging di Sumsel untuk menyuplai sejumlah daerah di Sumatera dan Jawa. Namun dikarenakan adanya faktor keamanan pada tahun 2000-an terjadi penurunan drastis jumlah ternak sapi warga di OKU Timur jumlahnya tidak lebih dari 8 ribu ekor.

“Sekarang ini jumlah ternak sapi di OKU Timur kembali menggeliat. Selain melalui gerakan inseminasi buatan juga ditunjang faktor keamanan. Saya terima kasih banyak dengan Kapolres-kapolres yang telah menjaga keamanan,” jelasnya.

Herman Deru berharap produksi daging sapi, ikan dan hasil pertanian di OKU Timur tidak hanya selalu untuk dijual. Atau jika diistilahkan jangan sampai jual beras makan tiwul. Artinya pemerintah harus mendorong agar masyarakat gemar mengkonsumsi daging, ikan, minum susu dan telur.

“Hasil produksi itu jangan semuanya di jual, tetapi bagaimana kita juga gaungkan agar masyarakat kita juga gemar makan daging. Ini juga salah satu cara kita menekan jumlah penderita stunting,” imbuh Herman Deru.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur dalam hal ini melalui Dinas Perikanan dan Peternakan telah membuat suatu inovasi dan akselerasi dalam peningkatan populasi ternak dengan kerja inseminasi buatan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit sapi berkualitas guna membangun daulat ternak di daerah.

“Ada satu hal yang saya garis bawahi kata-kata daulat. Daulat memiliki pengertian kita mempunyai kekuasaan tertinggi dalam setiap elemen yang berlaku untuk seluruh wilayah dan rakyat. Jika kita telah mewujudkan daulat ternak dari daerah artinya kita sudah turut serta di dalam kedaulatan di bidang pangan yang selalu menjadi isu penting di dunia,” pungkasnya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.