Beranda Berita PPK Harus Paham Tugas dan Kewajibannya

PPK Harus Paham Tugas dan Kewajibannya

BAGIKAN


KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum OKU Timur melakukan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se- Kabupaten OKU Timur dalam pemilihan bupati dan wakil bupati OKU Timur 2020. Sebanyak 100 anggota PPK se-Kabupaten OKU Timur, dilantik langsung oleh Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, di halaman kantor KPU OKU Timur, Sabtu (29/2/2020).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos.I didampingi Komisioner Bidang Sosialisasi, Farmas dan SDM Yuliansyah, SE mengatakan, usai dilantik seluruh anggota PPK langsung diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 1 hari. Hal ini agar seluruh anggota PPK dapat memahami tugas-tugasnya dalam membantu KPU mensukseskan pelaksanaan Pilkada.

“Selain Bimtek, kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan ketua-ketua PPK disetiap kecamatan. Selamat bagi anggota PPK yang baru saja dilantik, laksanakan tugas dengan baik dan semoga pelaksanaan Pilkada nanti berjalan sesuai harapan,” katanya.

Sedangkan dalam Bimtek yang dilaksanakan usai pelantikan kata Herman, para anggota PPK akan mempelajari bagaimana sebagai penyelenggara serta kewajiban-kewajiban lainnya selama pelaksanaan pilkada. Selain itu kata dia, PPK yang baru dilantik juga diharapkan agar segera mengusulkan struktur kerja dan membentuk struktur kerja di tempat kerja masing-masing.

“Dalam Bimtek ini dilakukan pembahasan tata kerja yang berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih,” terangnya.

Sementara, Kominioner KPU Provinsi Sumsel Amran Muslimin, SE, M.Si Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) OKU Timur yang baru dilantik diminta agar bekerja sesuai dengan pedoman PKPU. Hal ini agar tugas dan fungsi PPK dalam membantu tugas KPU berjalan dengan baik.

“Seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik ini diharapkan dapat menjalankan tugas serta fungsinya berdasarkan aturan dan pedoman PKPU. Sebab selain membantu KPU dalam mensukseskan proses Pilkada, PPK juga wajib menjunjung tinggi netralitas saat pilkada berlangsung,” jelasnya.

Kemudian kata dia, Pilkada tahun ini merupakan pilkada Pilbup serantak terakhir. Untuk itu tunjukanlah integritas dan pola kerja dengan baik, sehingga OKU Timur dapat selalu menghasilkan sesuatu yang terbaik. Sebab selama ini pilkada OKU Timur selalu menunjukan sesuatu yang beda, salah satu contohnya partisipasi pemilih di OKU Timur paling baik di Sumsel. Artinya kesadaran masyarakat dalam mengikuti Pilkada sudah sangat baik dan ini patut untuk dipertahankan.

“Kabupaten OKU Timur salah satu dari 3 kabupaten di Sumsel yang memiliki calon perseorangan. Untuk itu diharapkan PPK dapat membatu tugas KPU dalam melakukan verifikasi faktual. Sebab tahun ini berbeda dari sebelumnya karena memakai sistem sensus,” katanya 

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Asisten 1 Tata Pemerintahan Drs Dwi Supriyanto, MM menambahkan, dirinya mengajak agar anggota PPK dalam melaksanakan tugas tetap melakukan konsolidasi terhadap stakeholder. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan. Karena tidak menutup kemungkinan tingginya partisipasi pemilih juga ditentukan dari kekompakan dan dukungan dari semua stakeholder.

“Meskipun honor anggota PPK di OKU Timur ini terbilang masih rendah dan tidak sama dengan daerah lain, namun harapan kita kinerja penyelenggara tetap baik dan dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas. Sebab anggaran NPHD OKU Timur yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah. Kemudian ucapan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik demi mendukung pilkada OKU Timur yang damai, aman dan kondusif,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.