Beranda Berita Wujudkan Pola Hidup Sehat pada Kawasan Permukiman

Wujudkan Pola Hidup Sehat pada Kawasan Permukiman

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Untuk mewujudkan pola hidup sehat di kawasan permukiman, Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten OKU Timur melakukan pembangunan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyrakat (SLBM) dan pembangunan jaringan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM). Pembangunan ini dilakukan melalui anggara Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020, yang sebelumnya diajukan terlebih dahulu ke dalam e-Planing.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Aldi Gurlanda, ST, MM mengatakan, pembangunan SLBM terdiri dari pembangunan tangki septik skala komunal dan tangki septik skala individual. Pembangunan ini terdapat di beberapa kecamatan di OKU Timur, pasalnya untuk persetujuan ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Baik pembangunan SLBM maupun SPAM menggunakan anggaran DAK. Dimana pengusulannya diajukan melalui e-Planing. Untuk pengerjaannya berdasarkan juknis yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” katanya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (12/3/2020).

Lanjut kata Aldi, setelah dilakukan pembangunan, untuk pengelolaan SPAM dilaksanakan dari pihak desa yang mana tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). “Dengan adanya SPAM ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kekurangan air bersih. Sehingga kebutuhan air bersih di masyarakat dapat terpenuhi dan menunjang tingkat kesehatan di masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kabib permukiman dan air bersih Mahmuddin, ST mengatakan, proses pembangunan SLBM dan SPAM di mulai pada awal bukan April nanti. Hal ini dikarenakan masih menunggu juknis dari pemerintah pusat. Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk SPAM sendiri terdapat Sambungan Rumah (SR) dengan maksimal 40 SR. Sedangkan untuk SLBM tangki septik yang akan dibangun terdapat 50 titik per desa.

“Untuk proses pembangunan akan dikerjakan pada awal bulan empat atau bulan lima. Karena metode pembangunannya ada yang kontraktual dan ada yang mengunakan metode swakelola,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.