Beranda Berita Kepala Basarnas Sumsel Bicarakan Potensi Bencana Dengan Bupati OKUT

Kepala Basarnas Sumsel Bicarakan Potensi Bencana Dengan Bupati OKUT

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sumatera Selatan melakukan audiensi ke Bupati OKU Timur. Dalam audiensi tersebut membahas tentang potensi bencana dan sistem penanggulangan bencana. Audiensi tersebut dihadiri kepala Basarnas Sumsel, Assisten I, Staf ahli bidang Kemasyarakatan, kepala BPBD OKU Timur, kepala BPKAD ini diadakan di ruang audiensi Bupati, Senin (16/3/2020).

Kepala Basarnas Sumsel Brigjen Hery Marantika SH, MSi mengatakan, Kabupaten OKU Timur ditetapkan sebagai kabupaten penyangga bencana dan posisinya harus diperkuat. Selain itu di Kabupaten OKU Timur nantinya akan dibuatkan posko bencana di OKU Timur mengingat OKU Timur adalah kawasan terdekat daerah bencana yaitu OKU Selatan.

“Kabupaten OKU Timur merupakan kabupaten penyangga bencana sehingga OKU Timur posisinya harus diperkuat. Serta nantinya akan dibangun posko agar kinerja dari personil Basarnas bisa maksimal,” katanya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki di OKU Timur ada potensi bencana, namun perlu disikapi setidaknya bencana akan menjadi kecil. 

Sumsel cukup luas, dengan personil yang sedikit dan dibantu personil di kabupaten atau kota sehingga dapat bekerja secara profesional.

“Dari tahun ke tahun semakin tinggi becana terutama kebakaran hutan dan lahan. OKU Timur yang pasti banjir, baik karena hujan dan juga dari banjir kiriman. Bencana lainnya yaitu kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan terjadi karena faktor ulah manusia. Kemudian faktor lainnya yaitu kebakaran rumah dan kecelakaan biasa,” katanya.

Selain itu, Bupati juga menyambut baik rencana pembukaan posko dan penguatan personil bencana di OKU Timur. Karena OKU Timur sebagai kabupaten penyangga dan memiliki akses bandara dan jalan utama. “Untuk itu OKU Timur memberikan lahan tiga seperempat hektar untuk posko bencana yang nanti pembangunannya akan masuk dalam APBN,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.