Beranda Berita Gelar Bimtek e-Formasi 4.1, Guna Capai Kebutuhan ASN

Gelar Bimtek e-Formasi 4.1, Guna Capai Kebutuhan ASN

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OKU Timur mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Formasi 4.1 penyusunan kebutuhan ASN 2020 dan 2021. Bimtek yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah tersebut dilaksanakan di aula Bina Praja II Setda OKU Timur, Selasa (17/3/2020).

Sekretaris Daerah Jumadi SSos mengatakan, Bimtek ini merupakan bagian dalam upaya untuk mewujudkan reformasi birokrasi khususnya untuk melakukan pembaharuan terhadap sistem penetapan kebutuhan pegawai yang efektif dan efisien melalui aplikasi. Dalam upaya pemerintah untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggara  pemerintah terutama menyangkut kebutuhan pegawai, melalui Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan Bezetting dan penyusunan kebutuhan pegawai.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan terkait pengisian e-Formasi yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. e-Formasi ini sangat penting kita lakukan karena dalam menyusun formasi jabatan di SKPD masing-masing agar benar-benar diperoleh data pegawai yang akurat baik itu jumlah pegawai yang ada serta kekurangan atau kelebihan,” katanya.

Selain itu penerapan sistem e-Formasi ini juga tidak terlepas dari jumlah dan komposisi PNS yang tersedia pada setiap jenjang jabatan maupun jumlah PNS yang akan memasuki batas usia pensiun. Tidak kalah penting juga adalah dengan memperhatikan rasio antara jumlah penduduk serta rasio antara anggaran belanja pegawai dengan anggaran belanja secara keseluruhan. 

“Jangan sampai berapa ini hanya sebatas kewajiban rutin yang tidak nampak pada peningkatan kinerja maupun efektivitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan pemerintah. Saya harap kepada peserta Bimtek agar dapat memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Sehingga setelah kegiatan pengisian e-Formasi dapat segera terlaksana dan diselesaikan tepat waktu,” ujarnya.

Plh Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OKU Timur Drs Risman Sukri MM mengatakan, Bimtek e-Formasi 4.1 diikuti oleh sebanyak 70 orang tang terdiri dari pejabat tang membidangi kepegawaian OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur. Dalam Bimtek ini terdapat dua narasumber yakni narasumber dari BKPSDM OKU Timur dan dari Bagian Hukum dan Organisasi Kabupaten OKU Timur.

“Tujuan umum dilaksanakannya Bimtek e-Formasi ini adalah terselesaikannya pengiputan kebutuhan pegawai melalui e-Formasi baik itu analisis jabatan, analisis beban kerja peta jabatan dan kelas jabatan dengan baik dan benar. Demi terwujudnya rekruitmet ASN yang tepat sasaran guna meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.