Beranda Berita Musrenbang RKPD 2021, Selaraskan Program Pembangunan Provinsi dan Kabupaten

Musrenbang RKPD 2021, Selaraskan Program Pembangunan Provinsi dan Kabupaten

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten. Kegiatan ini guna menyelarasakan dan mensingkronkan program pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. 

Selain itu juga untuk membahas dan mensinkronkan usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang berpedoman pada dokumen perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten OKU Timur Tahun 2016-2021.

Kegiatan dibuka langsung Bupati OKU Timur HM Kholid MD, serta dihadiri Perwakilan Kepala Bappeda Provinsi Sumsel Dra Sri Widayati,SE,MSi, Sekretaris Daerah, Anggota Komisi III DPRD OKU Timur, Forkompinda serta seluruh Kepala OPD dan Camat dilingkungan Pemkab OKU Timur, yang berlangsung di Bina Praja I Pemkab OKU Timur, Rabu (18/3/2020).

Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, selain mensinkronkan usulan rencana program perubahan RPJMD 2016-2021, tujuan Musrenbang ini juga untuk membahas rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota dan rencana tata ruang wilayah provinsi. Serta untuk membahas arah kebijakan pembangunan nasional dan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021.

“Kita boleh bangga dengan pencapaian Kabupaten OKU Timur saat ini, namun kita tidak boleh puas dengan apa yang sudah diraih dan dicapai. Sebab masih banyak target yang ingin kita capai, baik meningkatkan infrastruktur pembangunan maupun peningaktan ekonomi. Tetapi fokus kita kedepan tetap pada untuk penurunan angka kemiskinan dengan melakukan peningkatan ekonomi agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat,” jelasnya.

Sementara, Perwakilan Bappeda Provinsi Sumsel Dra Sri Widayati,SE,MSi saat membacakan sambutan Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kemajuan Kabupaten OKU Timur saat ini, baik dari pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) hingga tingkat angka kemiskinan terendah di Provinsi Sumsel. Kemudian melalui Musrenbang ini, dirinya berharap program pembangunan OKU Timur kedepan dapat selaras dengan program Provinsi Sumsel dan Pusat.

“Hasil Musrenang ini diharapkan dapat menyepakati program-program pembangunan kedepan, sehingga dapat selaras dengan program provinsi dan pusat. Selain itu juga bisa merumuskan hasil musrenbang tingkat kecamatan dan desa yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala Bappeda OKU Timur Ir Yos Sugiyono menambahkan, Musrenbang ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2021 yang memuat Prioritas Pembangunan Daerah, Pagu Indikatif Pendanaan berdasarkan fungsi OPD, termasuk pemutakhiran mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

“Yang jelas tujuan musrenbang ini untuk mensinergikan antara usulan kegiatan berdasarkan aspirasi masyarakat dan pemerintah dalam perencanaan pembangunan yang tertuang pada dokumen Perubahan RPJMD Kabupaten OKU Timur Tahun 2016 – 2021. Serta tindak lanjut dari Musrenbang Tingkat Desa, Musrenbang Tingkat Kecamatan, hasil rapat koordinasi teknis OPD Kabupaten OKU Timur dengan OPD Provinsi Sumatera Selatan serta rapat Forum OPD Kabupaten OKU Timur Tahun 2020 yang telah dilaksanakan tanggal 09 10 Maret 2020 yang lalu,” pungkasnya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.