Beranda Berita Berawal dari Hobi, Slamet Rubah Bambu Jadi Miniatur

Berawal dari Hobi, Slamet Rubah Bambu Jadi Miniatur

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Slamet warga Bukit Napuh Keluraham Bukit Sari Kecamatan Martapura ini mampu mengundang kekaguman bagi siapa saja yang melihatnya. Pasalnya dirinya mampu membuat aneka kerajinan tangan dengan bahan utama bambu. Meski hanya dikerjakan secara manual, namun produk kerajinan bambu Slamet ini mampu menyerupai bentuk aslinya, bahkan bisa difungsikan layaknya sebuah miniatur.

Menurut Slamet, untuk menghasilkan sebuah kapal layar, dirinya membutuhkan waktu tiga hari. Mulai dari menyiapkan bahan baku bambu, dibentuk hingga di plitur dan dipernis. “Semuanya dikerjakan sendiri di rumah. Tidak ada khusus yang digunakan, hanya butuh keterampilan dan kesabaran saat merangkai bahan menjadi sebuah bentuk yang diinginkan,” ujar Slamet saat dibincangi dirumahnya.

Selain berbentuk kapal layar, Slamet mengaku bisa membuat bentuk lain seperti becak, sepeda, mobil pesawat terbang atau bentuk lain sesuai keinginan pemesan.

“Selama ada foto benda yang diinginkan saya bisa buatkan, tapi fotonya harus dari berbagai sisi. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan,” ungkapnya yang mengaku keterampilannya ini didapat secara otodidak yang diawali dari hobi.

Ditanya mengenai kendala yang dihadapi, Slamet mengaku sejauh ini dirinya kesulitan dalam hal pemasaran. Selain itu, Slamet juga mengaku kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan produk kerajinannya. “Untuk bahan baku bambu memang mudah didapat, tapi kebutuhan lain seperti amplas, plitur, pernis dan sebagainya harus dibeli,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.