Beranda Berita Gelar Sidang Online Ditengah Wabah Corona

Gelar Sidang Online Ditengah Wabah Corona

BAGIKAN


KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur tetap berusaha menyelesaikan sejumlah perkara yang telah dalam tahap persidangan. Walaupun ditengah maraknya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Dimana sidang yang selama ini digelar Ruang sidang PN Baturaja di Martapura, kini dilakukan secara online dari beberapa lokasi.

Kepala Kejari (Kajari) OKU Timur Alwie SH didampingi Kasi Pidum Frans Mona SH MH mengatakan, sesuai dengan kondisi saat ini dan arahan dari pimpinan, mengenai maraknya wabah Covid-19, maka untuk menyelesaikan perkara dilakukan sidang online.

“Sidang secara online sudah kita lakukan pada pekan kemarin. Begitu juga dengan sidang selanjutnya akan kita lakukan secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, secara teknis, mekanisme sidang online proses persidangan dilakukan dari tiga lokasi. Di mana, majelis hakim tetap di Pengadilan Negeri, Jaksa tetap di Kantor Kejaksaan dan terdakwa tetap di Rutan. Untuk terdakwa yang didampingi penasehat hukum, maka penasehat hukumnya juga berada di rutan ikut mendampingi terdakwa.

“Begitu juga jika agenda sidang pemeriksaan saksi, kita menghadirkan saksi di kantor Kejari dimana saksi sebelum sidang tetap diambil sumpah sesuai dengan kepercayaan masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, sidang online, dilakukan lebih cepat serta efisien. Hanya saja, pihaknya terkendala dengan sinyal. Karenanya, pihaknya melakukan upaya untuk meningkatkan frekuensi sinyal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.