Beranda Berita Labkesda OKUT Siap Lakukan Pemeriksaan Sampel Covid-19

Labkesda OKUT Siap Lakukan Pemeriksaan Sampel Covid-19

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKU TIMUR – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 perlu adanya upaya maksimal dari berbagai intansi yang terkait. Tak luput juga Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) OKU Timur juga siap melakukan pemeriksaan sampel pasien yang apabila terpapar Covid-19. 

Menurut Kepala UPTD Labkesda OKU Timur Hengki Kurniawan SKM, memang secara khusus Labkesda OKU Timur tidak masuk dalam struktur gugus tugas tapi karena Labkesda ini dibawah naungan Dinkes maka secara otomatis ikut andil dalam gugus tugas. Saat ini pihaknya sudah mulai menyusun jadwal personil untuk pelaksanaan, serta akan melakukan rapat bersama personil terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeriksaan pasien.

“Kalau intruksi khusus tidak ada, akan tetapi ada perintah lisan dari Dinkes dimana dalam waktu dekat ini apabila rapid test sudah datang maka Labkesda yang melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang terdampak corona. Sementara untuk kegiatan harian Labkesda melakukan kegiatan seperti biasa seperti pemeriksaan kesehatan pasien umum, rujukan dari dokter dan pemeriksaan air,” katanya, saat dibincangi di ruangannya, Senin (13/4/2020).

Saat ditanya tentang perlengkapan pemeriksaan Covid-19, dirinya mengaku masih ada beberapa perlengkapan yang belum tersedia. Adapun perlengkapan yang ada yakni Alat Pelindung Diri (APD) dan tabung pengambilan sampel. Sedangkan perlengkapan yang belum ada untuk pengambilan sampel tenggorokan atau pengambilan sampel lendir hidung.

“Tentunya hal ini dapat didukung oleh Dinkes terutama perlengkapan APD. Karena APD merupakan salah satu cara pencegahan penularan virus corona ini,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.