Beranda Berita Petani OKU Timur Pasrah Tanaman Padi Banyak Roboh

Petani OKU Timur Pasrah Tanaman Padi Banyak Roboh

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Cuaca ekstrem disertai angin kencang yang melanda Kabupaten OKU Timur dalam satu minggu terakhir menyebabkan petani padi khawatir. Hal itu disebabkan oleh tanaman padi petani yang sudah berumur diatas dua bulan roboh akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dalam satu minggu terakhir. 

Dari pantauan Selasa (14/4/2020) sejumlah tanaman padi petani yang sudah mulai berbuah terlihat roboh dan saling bertindihan satu sama lain akibat terpaan angin kencang disertai hujan. Petani yang khawatir tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa berdoa hama tikus tidak menyerang tanaman padi mereka yang sudah roboh.

“Jika hama tikus menyerang maka hasil panen dipastikan akan menurun dengan drastis. Selain itu penurunan hasil panen juga disebabkan oleh padi yang membusuk akibat menyentuh tanah dan tidak mendapat pasokan sinar matahari secara maksimal,” ujar Safri ( 29) petani asal kecamatan Buay Madang ketika diwawancarai.

Menurut Safri biasanya petani akan membiarkan tanaman padi di lahan sawahnya yang roboh hingga menguning dan siap untuk dipanen. Upaya yang dilakukan oleh petani hanya bisa pasrah dan berusaha mencegah datangnya hama tikus dan hama lainnya memakan padi yang sudah hampir masak.

“Selain itu juga menjaga lahan agar tetap lembab dan tidak basah. Karena jika airnya sampai merendam buah padi terlalu lama maka akan membuat padinya membusuk dan jamuran,” katanya.

Ungkapan serupa disampaikan Hamdan petani lainnya. Menurutnya, saat ini petani hanya bisa berdoa agar tidak mengalami gagal panen. Meskipun tidak semua tanaman padinya roboh akibat angin kencang yang disertai hujan, namun hal itu cukup membuat was-was karena jika padi yang roboh membusuk atau dimakan hama maka dipastikan hasil panen akan mengalami penurunan drastis.

“Diperkirakan sekitar satu atau dua Minggu lagi padinya bisa di panen. Petani hanya bisa berdoa dan berusaha agar padi yang roboh tidak membusuk dan dimakan oleh hama,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.